INCOME TIDAK MEMBUAT ANDA KAYA, INI SEBABNYA.

INCOME TIDAK MEMBUAT ANDA KAYA, INI SEBABNYA.

By : -

10 tahun yang lalu pas baru gajian:

“Alhamdulillah udah gajian, meski baru 2jt tapi lumayanlah.

“Enak kali ya kalau gajiannya 4 jt”.

5 tahun kemudian pas terima gaji:

“Udah 5jt sih gajiannya tapi kok masih kurang aja ya… Kebutuhan kan tambah naik.

Mungkin kalau terimanya 8 juta pas kali”.

Saat ini, baru aja terima gaji:

“Gaji 10 juta kok cuman lewat doang ya?

Abis buat bayar ini itu.

Boro-boro buat nabung, cicilan aja ada yang belum ke bayar nih.

Kayaknya kalau terimanya 15jt baru cukup deh”.

Pernah mengalami kondisi diatas?

Berapapun pendapatan, habis.

Boro-boro untuk asuransi dan investasi, buat nabung aja nggak kebagian.

Jangankan yang gajinya masih jutaan, yang sudah miliaran pun kalau tidak bisa mengelola ya nggak jadi apa-apa.

Hanya habis untuk pengeluaran dan bayar cicilan.

Jangankan untuk beli aset, buat nabung aja nggak sisanya.

Jadi berapa pun income Anda tidak akan membuat Anda kaya, bila Anda tidak cerdas dalam mengelolanya.

Yang membuat Anda kaya adalah apa yang Anda lakukan dengan income Anda.

Contoh lah orang tua kita zaman dulu.

Meski penghasilannya pas-pasan tapi bisa punya rumah, beli tanah, anak bisa sekolah.

Karena mereka disiplin dalam mengatur keuangannya.

Meski sederhana pemahamannya, mereka disiplin nabung lo.

Bandingkan dengan kondisi kebanyakan orang saat ini.

Siapa yang sudah bekerja lebih dari 10th?

Berapa isi rekeningnya?

Kalau saja rajin menabung 300rb sebulan alias 10rb sehari, maka paling sedikit saat ini isi rekening tabungannya minimal 36 juta.

Kan bisa untuk DP rumah.

Kenyataannya?

Silakan jawab sendiri hehehe.

Income penting tapi cerdas dalam mengelola income jauh lebih penting.

#kecerdasanFinancial

#perencanakeuangan

Zulfahmi RFP

0852 1710 5730

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *