PUNYA BANYAK HUTANG KOK BANGGA?

PUNYA BANYAK HUTANG KOK BANGGA?

By : -

Pernah lihat orang antri di kasir trus dengan bangganya keluarin dompet yang isinya penuh dengan kartu kredit dari berbagai bank?

Terus Anda yang bayar pakai uang cash jadi minder gitu?

Sungguh sebuah kesalahpahaman yang fatal.

Inilah dahsyatnya iklan kartu kredit.

Orang yang banyak hutang malah bangga dengan hutangnya, yang nggak punya utang malah malu.

Aneh ya?

Kredit itu artinya hutang.

Kartu kredit artinya yang punya kartu lagi punya utang.

Kalau kartunya banyak berarti utangnya banyak.

Pilih mana: banyak hutang atau nggak punya utang?

“Ah saya kan nggak dipakai, cuma buat isi dompet doang, biar gaya gitu loh”.

Memangnya tidak ada biayanya?

Buat apa Anda membayar untuk sesuatu yang tidak Anda gunakan?

Rugi dong.

Emak-emak zaman dulu kalau kalau kredit paling untuk beli panci.

Atau kompor, karena yang lama sudah rusak dan nggak dikasih jatah oleh suami untuk beli panci baru.

Bayarnya nyicil.

Pakai uang sisa belanja.

Tukang kredit nya nagihin harian atau pekanan.

Sehari paling 2rb – 5rb, namanya juga uang sisa belanja.

Kalau pas lagi nggak ada duit, paling bilang ke tukang kredit “maaf bang lagi kosong, besok ya bang”.

Simple.

Nggak repot dan bikin pusing.

Emak emak zaman sekarang, ngambil kredit juga.

Bukan cuman buat beli panci.

Hampir semuanya dikreditin.

Beli mobil, kredit.

Beli motor, kredit.

Beli HP, kredit.

Bahkan mau jalan-jalan aja sekarang pakai kredit alias hutang.

Artinya senang-senang dulu pusingnya belakangan.

Beda banget sama orang tua jaman dulu.

Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ketepian.

Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.

( Gimana ya rasanya piknik pakai uang kredit?

Apakah betul-betul menikmati pikniknya atau sembari mikirin cicilan utang? )

Bayarnya?

Pas gajian langsung bayar semua tagihan/hutang/kredit.

Ujung-ujungnya gajian cuman lewat doang.

Kalau lagi nggak punya duit, nggak bisa bilang maaf, pasti kena denda/bunga.

Apalagi kalau nyicilnya sering telat, bisa-bisa bunganya melebihi utang.

Belum lagi teror dari debt collector.

Ribet. Riba.

Repot dan bikin pusing.

Jadi ingat ya, kartu kredit artinya kartu tanda berhutang.

Jangan bangga punya banyak kartu kredit, itu artinya Anda punya banyak hutang.

Bangga itu jika tidak punya hutang.

Itu baru keren.

“Emang gak boleh ya berhutang?”

Boleh, tapi tentu dengan pertimbangan yang rasional.

Ada utang baik ada utang jahat.

Apa itu?

(to be continued)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *